Sabtu, 24 Desember 2011

GUNUNG PANDERMAN KEBAKARAN

Belum diketahui Persis penyebab terjadinya kebakaran

Batu – FN.

Gunung Panderman yang menjadi salah satu ikon tujuan wisata di Kota Batu hingga saat berita ini diturunkan masih berasap tebal. Kebakaran di badan gunung yang masuk deretan gunung Kawi itu diperkirakan terjadi mulai hari Rabu (12/10)

Saat pertama kali terlihat dari kawasan kota, areal kebakaran diperkirakan seluas 10 hektar. Menurut Kabid Kehutanan Kota Batu Budiono,kebakaran tersebut masih belum bisa diprediksi darimana sumbernya. “ Penyebabnya masih belum kami ketahui . segala kemungkinan bisa saja terjadi bisa dari pihak – pihak pendaki atau faktor cuaca yang begitu panas “ kata Budiono berspekulasi.

Sampai dua hari ini Areal kebakaran semakin meluas . diperkirakan sudah mencapai bagian besar gunug. Hal ini sangat berbahaya jika sampai merambat ke kawasan pemukiman penduduk. Meluasnya lokasi kebakaran tersebut tentunya bisa disebabkan oleh kondisi medan yang kering akibat belum datangnya musim hujan dan di perparah oleh hembusan angin gunung sehingga angin menyebar ke bagian yang lain. Tak ayal lagi, Petugas yang menangani bencana tersebut semakin kesulitan mengendalikan kobaran api yang kian meluas. Bebarapa Tim gabungan yang ikut membantu antara lain PMK,Lembaga masyarakat Desa Hutan ( LMDH), Kepolisian, TAGANA, Koramil bahkan sampai Pramuka.

Menjelang musim hujan yang diperkirakan BMKG pusat akan datang di bulan ini, tentunya sangat dikhawatirkan para penduduk yang berlokasi di lereng gunung Panderman seperti Dusun Toyomerto,, Kelurahan Ngaglik dan Desa Oro-oro Ombo.

“Sampai saat ini para petugas di bantu warga setempat masih terus berjuang membuat lingkaran api untuk mencegah meluasnya areal kebakaran , Mas” terang Budiono.Hingga berita ini diturunkan, kepulan asap masih terlihat jelas dari Wilayah Kota Malang ( Tiar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar